Wright Bersaudara


Teman-teman pasti sudah pernah membaca mengenai Sejarah Ditemukannya Pesawat Terbang. Nah, kali ini kita kenalan lebih jauh dengan penemunya yuk.
Wright bersaudara, Orville dan Wilbur adalah dua orang Amerika yang dicatat sebagai penemu pesawat terbang. Mereka adalah orang yang pertama kali berhasil mendesain dan merancang pesawat terbang  bermesin yang lebih berat dari udara dan menerbangkannya pada tanggal 17 Desember 1903. Wright bersaudara menerbangkan pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina, AS. Pesawat mereka ini disebut Wright Flyer.
Wright bersaudara adalah dua dari tujuh orang bersaudara. Wilbur Wright lahir pada tahun 1867 di kota Millville, Indiana. Sedangkan adiknya yang bernama Orville Wright lahir pada tahun 1871 di kota Dayton, Ohio. Pada tahun 1878, ayah mereka membelikan helikopter mainan untuk  mereka. Mainan itu terbuat dari bambu dan karet untuk memutar baling-baling nya. Wright bersaudara sangat senang melihat mainan tersebut dan memainkannya hingga rusak, kemudian mereka membuat mainan tersebut sendiri. Mulai saat itu mereka mulai mempunyai mimpi untuk mewujudkan mainan tersebut menjadi kenyataan.
Ketika beranjak dewasa, mereka hanyalah pengusaha sepeda yang tidak menggunakan teknologi tinggi. Walaupun Wright bersaudara ini tidak lulus Sekolah Menengah Atas apalagi punya gelar dibidang aeronautic, fisika, ataupun matematika, namun mereka tetap bermimpi ingin membuat pesawat terbang yang pada akhirnya berhasil diwujudkan.
Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Setelah melakukan pengujian terbang sebanyak 1000 kali, pada bulan Desember 1903, percobaan mereka berhasil dengan sukses.
Dua tahun setelah penemuan mereka, kedua bersaudara tersebut mengembangkan pesawat mereka ke bentuk pesawat terbang yang memakai sayap yang seperti sekarang kita kenal. Walaupun mereka bukan orang yang pertama membuat pesawat percobaan, namun Wright bersaudara adalah orang yang pertama menemukan kendali pesawat sehingga pesawat terbang yang mempunyai sayap kaku dapat dikendalikan dengan baik.
Wright bersaudara juga berperan penting dalam hal perancangan sayap. Mereka menciptakan sendiri lorong-lorong angin dan telah mencoba lebih dari dua ribu macam bentuk permukaan sayap. Wright bersaudara juga merancang sendiri baling-baling pesawat terbang mereka loh. Wah, hebat yaa..!!
Pada tahun 1912 Wilbur Wright terserang tipus dan akhirnya meninggal dunia pada umur 45 tahun. Sedangkan Orville Wright hidup sampai tahun 1948.
SUMBER : http://edic.eng.ui.ac.id

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.